Tuesday, October 30, 2012

Mengenal Web Hosting dan Cara Memperolehnya

Sebuah website atau blog membutuhkan tempat untuk menyimpan file-file halaman web dan file pendukung lainnya. Tempat ini berupa media simpan di server internet yang telah dilengkapi dengan program web server. Agar file-file halaman web yang telah Anda siapkan dapat dibaca di internet, tentunya Anda harus memiliki hosting.

Sama seperti domain, hosting dapat diperoleh dengan cara membayar atau gratis.



Hosting Berbayar

Untuk memperoleh hosting berbayar, Anda harus menyewa space hosting di jasa layanan web hosting. Jasa layanan ini umumnya menyediakan jasa registrasi domain name sekaligus. Biaya yang harus Anda bayarkan rata-rata dikenakan per tahun. Tarifnya tergantung pada besar-kecilnya space yang Anda sewa. Untuk kebutuhan space minimal, biasanya hosting bisa disewa dengan biaya hanya berkisar puluhan ribu rupiah.

Seperti domain berbayar, hosting berbayar umumnya diminati kalangan yang ingin membangun website profesional. Hal ini mengingat web hosting berbayar relatif lebih stabil, berfitur lengkap, dan memberikan support kepada pelanggan.

Hosting Gratis

Hosting gratis juga banyak disediakan di internet. Tentunya karena bersifat gratis, penyedia banyak melakukan pembatasan. Beberapa contoh pembatasan antara lain pada besar space, fitur, jumlah database, besar bandwidth, adanya iklan, dan sebagainya.

Contoh penyedia layanan web hosting gratis (plus domain) yang populer di kalangan pengelola web dan cukup lengkap fiturnya adalah 000webhost.com atau idhostinger.com.
 
 
 

1 comment:

Nedzork said...

bagaimana cara kita membeli... hosting berbayar

My Calendar

Recent Posts