Tuesday, January 8, 2013

Profesionalisme Bekerja

Anda seorang karyawan / pengusaha / wiraswastawan / bos atau mungkin hanya seorang penjaga counter produk di sebuah supermarket?, mungkin itu semua tidaklah penting untuk diperbincangkan di tulisan saya kali ini, saya kutip judul diatas “Profesionalisme Bekerja” merupakan sebuah kata yang mudah di ucapkan namun pada hakekatnya susah untuk dilaksanakan, mengapa susah? nanti kita bahas, semua profesi pekerjaan dari yang paling bawah hingga yang paling atas ( atau kita sering dengar top level management ) membutuhkan prioritas “Profesional”.
Sebelum kita membahas hal-hal yang harus kita ketahui mengenai Profesionalisme, kita artikan dahulu arti Profesional, menurut Wiki “ Seorang profesional adalah seseorang yang menawarkan jasa atau layanan sesuai dengan protokol dan peraturan dalam bidang yang dijalaninya dan menerima gaji sebagai upah atas jasanya. Orang tersebut juga merupakan anggota suatu entitas atau organisasi yang didirikan seusai dengan hukum di sebuah negara atau wilayah. Meskipun begitu, seringkali seseorang yang merupakan ahli dalam suatu bidang juga disebut “profesional” dalam bidangnya meskipun bukan merupakan anggota sebuah entitas yang didirikan dengan sah. Sebagai contoh, dalam dunia olahraga terdapat olahragawan profesional yang merupakan kebalikan dari olahragawan amatir yang bukan berpartisipasi dalam sebuah turnamen/kompetisi demi uang.”
Penjelasan diatas merupakan penjelasan dari Wiki, dan menurut pengertian saya bahwa Seorang yang profesional adalah seorang yang mempunyai dedikasi yang tinggi dalam pekerjaan yang dia pegang/kerjakan, tekun, tepat waktu dan bertanggung jawab atas pekerjaannya tersebut. Simple saja, bertanggung jawab disini adalah bahwa sebelum dia mengerjakan sesuatu maka akan diamati secara detil jenis bentuk dan tujuan dia mengerjakan sebuah pekerjaan, kedepannya bukan hanya job sheet yang didapatkan namun ilmu dari pekerjaan yang dijalankan, itulah yang saya anggap sebagai “Learning by doing”.
Seseorang yang Profesional dalam bekerja akan mempunyai nilai tersendiri dimata atasan atau customer, setiap orang yang bekerja secara Profesional akan terlihat hasil pekerjaanya dan berbeda dengan orang yang bekerja hanya atas dasar job sheet yang akhirnya tidak menikmati pekerjaan yang di jalankan, kedisiplinan merupakan salah satu faktor penunjang Profesionalisme dalam bekerja, disiplin dalam berbagai hal pastinya, misal disiplin dengan step-step pekerjaan yang dijalankan, disiplin terhadap waktu yang diberikan dan disiplin dalam attitude, jangan melupakan line of leadership pastinya.


Sumber :: http://profesionalismedalambekerja.blogspot.com/2011/10/profesionalisme-bekerja.html

My Calendar

Recent Posts