Monday, July 23, 2012

Menjalin Hubungan Kerja yang Harmonis

Hubungan interpersonal merupakan bagian terpenting dalam bekerja. Meski dalam beberapa tempat, orang menyepelekan soal satu ini. Hubungan dengan orang-orang di lingkungan kerja tak kalah penting dalam mendongkrak karier.


Hal paling penting dalam pekerjaan di masa ini adalah kemampuan membangun dan menjaga hubungan. Meski Anda sering gonta-ganti pekerjaan dalam perjalanan karier, namun membangun jaringan dan menjaga hubungan itu adalah hal yang sangat penting. Yang juga perlu diketahui, tempat yang paling mudah dan paling baik untuk membangun jaringan hubungan adalah di kantor.

Dengan siapakah Anda menjalin hubungan? Benar. Dengan atasan, rekan kerja dan client atau pelanggan.

Kesuksesan dan perkembangan karier Anda banyak tergantung pada atasan. Atasanlah yang dapat memberi kesempatan menangani tugas-tugas strategis atau klien-klien utama perusahaan, serta memberikan pekerjaan-pekerjaan penting lainnya. Atasan juga lah yang berperan dalam menilai performance, kenaikan gaji atau kenaikan pangkat. Atasan Anda dapat pula menjadi mentor bagi Anda.

Mereka dapat memberikan sebagian pengalaman, petunjuk dan pengarahan kepada Anda untuk belajar. Ia juga yang akan membiarkan Anda bertumbuh dalam pekerjaan, sekaligus menunjukkan dan membukakan ‘pintu’ kesempatan. Hubungan baik dengan atasan adalah hal berharga di dalam perkembangan karier Anda.

Yang kedua adalah rekan kerja. Mitra kerja atau kolega yang Anda temui setiap hari juga sangat berharga bagi Anda, dan sebaliknya Anda pun berguna bagi mereka. Bantulah mereka menyelesaikan pekerjaannya, terutama ketika mereka berada dalam keadaan sangat sibuk dan dikejar ‘deadline’. Jangan segan memberi pujian jika mereka berhasil menyelesaikan pekerjaan dengan baik. Kenali rekan kerja, termasuk kebiasaan dan pribadi mereka. Ajak mereka makan siang bersama atau pulang bersama. Ini dilakukan untuk lebih mengenal mereka di luar jam-jam kerja.

Dan yang tidak kalah penting adalah menjalin hubungan dengan klien atau pelanggan. Seorang klien yang puas tentu akan dengan senang hati menghubungi Anda kembali di masa yang akan datang. Entah itu hanya untuk mengucapkan selamat atas promosi Anda, atau bahkan menawarkan kerjasama baru dengan Anda.

Hubungan dengan klien bisa rapi terjalin jika Anda tak pelit untuk mengontak mereka. Jangan hanya mengontak mereka saat Anda membutuhkan. Kalau perlu, datangi mereka di luar jam kerja, meski itu cukup menyita waktu.

Jadi, berhubungan dengan orang-orang di lingkungan pekerjaan tak hanya menolong karier, tetapi juga membuat tempat kerja Anda lebih menyenangkan. Sekaranglah waktunya bagi Anda untuk membangun hubungan dan meraih sukses di tempat kerja.



No comments:

My Calendar

Recent Posts